Dede eka
Gugum oxalis
Mohamad echa p.
- Diagram use case
Use
case menggambarkan external view dari sistem yang akan kita buat modelnya.
Komponen
pembentuk diagram use case adalah :
1. Aktor
(actor), menggambarkan pihak-pihak yang berperan dalam sistem
2.
Use case, aktivitas/sarana yang
disiapkan oleh bisnis/sistem
3. Hubungan
(link), aktor mana saja yang terlibat dalam use case ini.
Elemen
– elemen diagram use case
1. Aktor
Sebelum
menetukan aktor sebaiknya kita mngidentifikasi siapa saja pihakyang terlibat
dalam sistem kita. Pihak tersebut biasa di sebut stakeholder.
Langkah
awal sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan klien sebelum membentuk use case.
Prioritaskan
calon aktor bedasarkan pengaruhnya terhadap sistem yang di rancang.
Saat
mengklasifikasikan aktor kita harus
mempetimbangkan input terhadap sistem.
2. Use
case
Use
case menggambarkan fungsi tertentu dalam sistem berupa komponen,kejadian atau
kelas.
Use
case digambarkan dalam bentuk elips.
pada
diagram use case relasi sebagai sebuah garis antara dua simbol
3. Generalisasi
Generalisasi
pada aktor dan use case di maksudkan
untuk menyederhanakan model dengan cara menarik keluar sifat-sifat pada
aktor-aktor maupun use case-use use case yang sejenis.
4. Ekstensi
Hubungan
antara ekstensi use case dan use case yang di perluas di sebut extended
relathionship diberi simbol “<<extend>>” dan hubungannya berupa
garis putus-putus berpanah terbuka.
5. Inklusi
Use
case dasar yang akan di inklusi tidak lengkap berbeda deangan use case dasar
yang akan di ekstensi.simbol hubungan inklusi adalah garis putus-putus dengan
anak panah terbuka dan diberi keterangan “<<include>>”.
Baik
inklusi atau ekstensi pada semuanya bermaksud memperluas perilaku use csae
dasarnya.
- Diagram kelas
Kelas
Kelas
digambarkan dengan kotak yang terdiri dari sekat-sekat berturut-turut dari atas
ke bawah untuk nama,atribut dan operasi, dalam satu nama kelas harus unik
(tidak boleh sama) bila namanya sama namun beda paket dengan kelas lain harus
di sebutkan nama paket::nama kelas
Atribut
Atribut
mendifinisikan tipe informasi suatu kelas dengan standar sintaks :
[visibility][/]name[:type][multiplicity][=default][{property-string}]
Operasi
Operasi
menunjukan cara-cara menjabarkana perilaku sedangkan metode merupakan
implementasinya
Visibility
Visibility
menunjukan tingkatan ijin terhadap elemen dalam kelas untuk diakses oleh kelas
lain, jenis visbility antara lain : private,public,protected dan package.
Multiplicity
Multiplicity
mendefinisikan jumlah atau jangkauan nilai elemen ,bisa berupa angka jangkauan
(range),limit bawah dan atas sintaksnya
Upper::=integer|’*’|value_spesification
Interface
Suatu
interface (antarmuka) mendefinisikan sekumpulan perilaku yang harus dimiliki
oleh kelas implementator antarmuka.
Kelas template
Kelas
template menyedikan cara-cara mendefinisikan struktur suatu kelas tanpa menspesifikasikan
tipe.teknik ini sangat bermanfaat untuk kelas-kelas berbentuk array dan vektor
yang terkadang memiliki beragam tipe.
- STATE CHART DIAGRAM
Diagram yang menggambarkan transisi dan perubahan keadaan dimana suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimulans yang di terima,
- ACTIVITY DIAGRAM
Diagram yang menggambarkan sebuah urutan aktivitas dalam sebuah proses.aktivitas diagram dibuat berdasarkan beberapa use case pada use case diagram.
- Sequence Diagram
sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem, dan sequence diagram ini terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar