Kamis, 04 April 2013

TUGAS JARKOM BAGIAN KE 2

nama : mohamad echa putra
npm : A2.1100133
JARINGAN KOMPUTER


Membangun jaringan di lingkungan kantor kecil atau rumah  baik itu jaringan kabel atau pun nirkkabel. sekarang saya akan menjelaskan bagaimana membangun jaringan komputer baik itu nirk kabel ataupun jaringan kabel yang terdapat pada video tersebut. mungkin kita akan membahas tentang bahan-bahan untuk membangun jaringan kabel dan jaringan nirk kabel. yang jelas kita membutuhkan beberapa komputer yang berfungsi sebagai server dan workstation.

·         Jaringan kabel
switch smc 8port, kartu jaringan type pci, kartu jaringan pcmcia, kabel jaringan

·         Jaringan nirkkabel ( wireles lan)
Access poin, Kartu wirelles type pci , kartu wireles pcmcia, switch Smc 8 port


·         Perlengkapan tambahan
Broadbend untuk akses internet dan print server


1. Jaringan kabel
Siapkan komputer-komputer yang akan di pakai. kali ini yang akan di gunakan sebagai workstation adalah acer. Perlu di ketahui bahwa sebenarnya komputer-komputer ini sudah mempunyai port untuk jaringan onboard ( nic), tetapi untuk visualisasi kami anggap komponen lan onboard ini tidak ada.tetapi kita gunakan kartu jaringan yang berdiri sendiri

  • Pemasangan kabel :
                                I.            Kita potong kabelnya supaya rata. Kupas bagian luar kabel , cara kupasnya jangan terlalu panjang dan terlalu pendek, tetapi pastikan kabel tersebut bisa cukup mengupasnya seukuran dengan konektor.
                              II.            Rapihkan kabel-kabel kecil tersebut ,
                            III.            Masukan kedalam konektornya
                            IV.            Selanjutnya di krimping, ratakan dan tekan krimping tersebut
                              V.            Setelah selesai test kabel yang telah di pasang konektor, kita bisa menggunakan multitester. Masukan kabel tersebut kedalam soket multitester dan nyalakan, jika semua lampu menyala secara berurutan artinya kita tidak salah dalam menghubungkan kawat-kawat tersebut


  • Memasang kartu jaringan 
        I.            Buka komputernya 
      II.            Masukan kartu jaringan kedalam soket pci    
     III.            Tutup kembali cpunya    
     IV.            Masukan pula kartu jaringan pcmcia ke dalam laptop   
      V.             Periksa di windows dengan membuka device manager, untuk melihat apakah kartu jaringan yang telah di pasang itu sudah terdeteksi/belum. Dan jangan lupa install driver yang akan di perlukan untuk membuat jaringan 
    VI.            Siapkan alat yang lain seperti switch, server, dan kabel 
   VII.            Hubungkan komponen-komponen tersebut
Hubungkan kabel utp  yang satu  terpasang konektor ke dapam port laptop dan ujung satunya lagi ke switch dan untuk komputer juga masukan kabel utp yang telah terpasang konektor ke dalam port komputer dan swtich ( switch smc ini memiliki 8 port yang artinya bisa menghubungkan 8 komputer atau peralatan lain.) nah sekarang lihat lampu indikator yang ada di switch menyala itu menandakan bahwa komputer dengan laptop sudah terhubung tetapi masih dalam secara fisik. Sekarang yang kita perlukan adalah mengconfigurasi softwarenya.

  • Install driver
Protokol ini fungsinya selain untuk menghubungkan berbagai komputer jaringan anda tetapi juga berfungsi untuk menghubungkan ke jaringan luar anda atau internet, untuk keperluan itu  kita menggunakan protokol tcp/ip untuk melakukan configurasi  client yaitu
                                I.             Klik kanan pada icon my network selanjutnya properties
                              II.            Klik kanan pada icon local area network smc /ethernet yang anda gunakan selanjutnya properties. Pada tampilan local area network terdapat beberapa items. Jika anda belum memiliki tcp/ip anda bisa melakukan penginstall, cara nya pada tampilan local area network anda klik install, selanjutnya pilih protokol.
                            III.            Pilih properties pada items internet protocol (TCP/IP)
                            IV.            Pilih use the following ip address, selanjutnya masukan alamat ip anda misal
Ip address : 192.168.0.2, untuk komputer yang lainnya bisa menggunakan 192.168.0.3,4,5,dst. Perlu anda ketahui bahwa ip ini sifatnya uniq jadi tidak boleh ada komputer yang mempunyai alamat ip yang sama. Selanjutnya pada subnet mask, yaitu 255.255.255.0, anda bisa melakukan hal sama pada komputer yang lainnya. Selanjutnya kita klik ok dan close.
Selanjutnya mengidentifikasi komputer seperti nama komputer anda dan work grup caranya klik kanan pada mycomputer lalu pilih properties, pilih tabs computer name, selnjutnya pada computer description isi nama komputer yang anda inginkan. Untuk nama grupnya anda klik tombol change pada workgroup anda masukan nama group yang anda inginkan. Setelah selesai klik ok dan ok.
Selnjutnya  klik network conection untuk melihat apakah jaringan kita sudah tersinstall  atau terseting dengan baik. Jika sudah terpasang maka di sana akan terlihat icon komputer beserta nama komputer  yang telah anda masukan pada mykomputer properties.
Jika kita buka file komputer di sana maka kita akan melihat beberapa folder yang telah tersharing. Dan artinya kedua komputer ini sudah bisa berkomunikasi, baik itu berupa membuka file ataupun mengcopy file serta dapat merubah dan mengedit file-file yang mengijinkan yang terdapat di dalam folder-folder yang tersharing.

  • Sharing data
Anda klik kanan pada network connection lalu klik kanan dan properties. Lalu anda lihat pada bagian file and printer sharing for microsoft connection,jika belum ada, anda bisa menginstall nya caranya, pilih file and printer sharing microsoft connection selanjutnya install, selanjutnya pilih service selanjutnya pilih service-service untuk anda. Jika anda ingin mengsharing file caranya pilih file/folder yang akan di sharing, selanjutnya klik kanan dan pilih sharing anda scurity selanjutnya pilih tab sharing dan tandai share this folder on the network, share name bisa di rubah, v disini nama yang di share sesuai dengan nama folder yang di buat. Jika orang-orang yang tesambung ke jaringan kita dan folder kita di sharing supaya bisa merubah/mengedit data yang kita buat maka hilangkan tanda allow network user to change my file,jika tidak maka di biarkan saja allow tersebut di tandai. Setelah selesai klik ok. Untuk menon aktifkan folder yang di sharing caranya seperti biasa klik kanan file yang sudah tershering lalu properties dan selanjutnya pilih tab share dan kalian hilangkan tanda share this folder on the network.
 
2. Jaringan Nirkkabel (Jaringan Wirelless)

1.       Kita siapkan komputer2 yang akan di hubungkan dengan jaringan.
2.       Instalasi sama halnya dengan instalasi jaringan kabel karena menggunakan kartu jaringan pci dan pcmcia
3.       Kemudian ambil perangkat  yang di sebut access point, access ini berguna untuk menghubungkan kartu2 jaringan nirk kabel yang ada di jaringan kita.
Ada 2 type jaringan nirk kabel yaitu :

                1. Ad hoc wireless
                Tidak menggunakan access point, jadi tiap kartu jaringan saling berhubungan namun tidak berkomunikasi dengan jaringan luar
                2. Infrastruktur
                Menggunakan access point yang terhubung dengan kabel ethernet yang kemudian di hubungkan kejaringan kabel.
Kebanyakan nirk kabel menggunakan type infrastruktur.

·         Pasangkan kartu jaringan pci untuk komputer dan pcmcia ke laptop
·         Hubungkan access point menggunakan kabel jaringan ke switch


Install driver kartu jaringan
·         Secara otomatis windows mendeteksi adanya hardware baru, pilih next
·         Selanjutnya anda arahkan dimana posisi driver pci adapter  tersebut  di simpan,klik next, setelah selesai instalasi driver langkah selanjutnya kita akan menginstal iz connect wirelless yang isinya adalah file configurasi untuk wirelless pci adapter .
·         Setelah selesai jalankan programnya, di karenakan kita akan menggunakan type jaringa infrastruktur di mana pada komputer server, masih menggunakan kartu jaringan pci card yang tersambung ke switch dan begitu pun  access point tersambung dengan switch. Dan untuk komputer yang satunya lagi menggunakan kartu wirelless pci adapter yang nantinya kan di hubungkan ke access point.
·         Kita kembali ke link info access point setelah access point di aktifkan/ di sambungkan ke switch. Anda lihat di bagian state adalah informasi wirelless adapter anda dimana di dalam nya adalah laporan mengenai  bss id. Chennel yang di pakai, transmisi yang di pakai, link kuality yang di pakai/kualitas dari link anda dan kondisi kekuatan signal wirelless anda dan sekarang berlanjut ke tab berikutnya yaitu configuration, anda lihat mode, kita ketahui bahwa mode yang sekarang akan di gunakan adalah infra striktur, ssid secara defaultnya adalah any transfer rute adalah fully automatic, ps mode (put power seving mode) defaultnya adalah enable, dan untuk bagian chennel adalah aktiv jika kita menggunakan jaringan type ad hoc
·         Kita berlanjut ke tab berikutnya adalah encryption  di mana anda dapat mengatur transmisi data anda secara aman.
·         Buka  microsoft windows network , selanjutnya pilih mshome kita menemukan kembali 2 komputer







Tidak ada komentar:

Posting Komentar